7 Hal Yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Melaksanakan Aqiqah

Dalam agama Islam ketika seorang anak dilahirkan, maka kedua orang tuanya disunnahkan untuk melaksanakan aqiqah. Adapun yang dimaksud dengan aqiqah adalah suatu prosesi ibadah yang dilaksanakan dengan cara menyembelih hewan kurban berupa kambing. 

Ibadah ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran anak tersebut. Berdasarkan syariat, apabila anak yang dilahirkan adalah laki-laki maka perlu dikurbankan 2 ekor kambing. Sedangkan apabila yang terlahir perempuan maka dikurbankan 1 ekor kambing.

Sebelum melaksanakan prosesi aqiqah maka perlu persiapan yang matang agar acara dapat berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir. Adapun persiapan yang perlu dilakukan antara lain:

1. Anggaran

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan sebelum melaksanakan aqiqah adalah menyiapkan anggaran. Biasanya, anggaran utama dan terbesar dalam aqiqah adalah untuk makanan yang dihidangkan. Terutama jika Anda ingin acara yang mewah dan meriah dengan hidangan yang spesial dan istimewa, seperti kambing guling, misalnya. 

2. Undangan

Usahakan untuk tidak mengundang terlalu banyak orang agar acara dapat berlangsung secara sederhana dan intim. Anda pun tidak bakal kewalahan dalam melayani tamu. Sementara itu undangan dapat disebar dengan menggunakan e-card sehingga bisa lebih menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan.

3. Dekorasi, Tenda, dan Sound System

Apabila Anda ingin mengundang banyak orang maka Anda perlu menyiapkan dekorasi yang menarik agar acara tampak lebih meriah. Sementara itu, tenda juga diperlukan agar tamu undangan tidak kepanasan, sedangkan sound system dibutuhkan agar seluruh rangkaian acara dapat diikuti oleh para hadirin.

4. Ustadz

Untuk memandu acara aqiqah agar berlangsung sebagaimana mestinya maka dibutuhkan bantuan seorang ustadz atau ahli agama. Anda dapat membuat janji dengan ustadz atau pemuka agama setempat agar berkenan hadir dan membimbing acara aqiqah pada tanggal yang telah ditentukan.

5. Alat Cukur

Dalam pelaksanaan aqiqah juga terdapat prosesi gunting rambut bayi secara simbolis dengan memotong sebagian saja atau mencukur secara keseluruhan hingga botak. Maka dari itu perlu disiapkan alat cukur baik berupa gunting maupun mesin cukur. Sediakan juga tempat untuk menaruh rambut hasil cukuran.  

6. Box Bayi

Anda juga sebaiknya mempersiapkan box bayi yang bagus agar bayi merasa nyaman dan tidak rewel selama acara berlangsung. Dengan adanya box bayi para tamu undangan dapat dengan mudah melihat bayi yang sedang di-aqiqahkan. Apabila tidak memiliki box bayi, Anda dapat menyewa atau meminjamnya dari kerabat sehingga dapat mengirit biaya.

7. Makanan

Untuk acara aqiqah, makanan yang umum dihidangkan adalah yang berbahan dasar kambing dilengkapi dengan berbagai hidangan pendamping hingga penutup. Selain gulai atau sate, Anda dapat juga dapat menghidangkan makanan yang lebih berkesan seperti kambing guling.

Dengan tekstur yang empuk, beserta aroma dan cita rasanya yang lezat maka hidangan kambing guling cocok dijadikan sebagai hidangan utama dalam acara aqiqah. Dengan menghidangkan kambing guling, Anda juga dapat lebih memeriahkan suasana acara dengan pertunjukan memasak yang menarik untuk dilihat. 

Ingin hidangan yang mewah untuk memeriahkan acara aqiqah buah hati Anda? Aqiqah Sultan dari Kambing Guling Ajiib dapat menjadi solusinya. Paket Aqiqah Sultan dihadirkan khusus untuk acara aqiqah yang berkesan dengan hidangan istimewa yaitu kambing guling yang terkenal dengan kelezatan rasanya. 

 

 

Kambing Guling Ajiib menjamin pelaksanaan aqiqah dikerjakan secara profesional  dan sesuai dengan syariat Islam. Dengan membeli paket Aqiqah Sultan Anda juga akan mendapatkan sertifikat, souvenir, video penyembelihan, dokumentasi hingga kartu ucapan aqiqah di setiap box-nya. 

Paket Aqiqah Sultan dari Kambing Guling Ajiib saat ini tersedia di beberapa wilayah seperti Surabaya, Malang, Blitar, Tulungagung, Kediri dan Yogyakarta. Untuk reservasi Anda dapat mengunjungi website ajiibaqiqahjogja.com atau hubungi Tim CS Ajiib.  

Scroll to top